Sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Desa Sermong

Posted: Oktober 11, 2012 in Kecamatan, Kesehatan
Tag:, , ,

Pagi tadi, tim kesehatan kabupaten Sumbawa Barat serta tim kesehatan kecamatan Taliwang melaksanakan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Desa Sermong. Desa yang baru berdiri ini mendapat kehormatan sebagai Desa Percontohan atau Desa yang dianggap sanitasi lingkungannya mendekati 100%.

STBM sendiri adalah suatu program yang dicetuskan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumbawa Barat yang kemudian di setujui oleh Menkes untuk dijadikan program nasional sejak tahun 2010 lalu tetapi baru mulai dilaksanakan oleh Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2012.

Tujuan dari STBM adalah merubah perilaku hidup masyarakat agar sanitasi lingkungan menjadi lebih mandiri. jadi disini pihak pemerintah tidak lagi memerlukan biaya atau perencanaan untuk membuat toilet umum tetapi bagaimana caranya agar pemilik rumah itu bisa terpacu untuk membuat jamban sendiri setelah dipicu melalui aspek religi ataupun lainnya.

Tidak hanya untuk jamban tetapi kedepannya diharapkan seluruh sanitasi dasar bisa dilakukan oleh masyarakat Desa/Kelurahan. STBM sendiri memiliki 5 Pilar. untuk awalnya cukup Buang Air Besar Sembarangan Nol dulu ketika dinyatakan sukses barulah bergerak ke pilar yang lainnya.

Ada pula reward yang diberikan kepada Desa/Kelurahan yang berhasil menjadi Desa/Kelurahan maupun Kecamatan yang ODF. (JAM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s