Pengusaha Rotan Asli Taliwang “Back To Nature”( Selesai )

Posted: April 28, 2012 in Uncategorized

Pengusaha Rotan ini bernama Bapak Alam Sudraman. tidak seperti Bapak Ali yang mulai pada tahun 79 bapak Alam memulai karir sebagai Pengusaha Rotan pada Tahun 2009 silam. sebelum merintis sebagai Pengusaha Rotan Beliau adalah anak sawah (petani). Bapak yang lahir pada 3 oktober 1980 ini memulai usaha rotan dengan cara otodidak tanpa bantuan orang lain, selain menjadi pengusaha rotan beliau juga bekerja di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Sekarang setelah hampir 4 Tahun bekerja sebagai Pengusaha Rotan beliau telah memiliki 3 orang karyawan yang membantu pekerjaannya tapi tentunya usaha rotan ini tidak tanpa kendala. Modal adalah kendala utama tapi ternyata kendala lainnya beliau katakan adalah, “buat rotan itu gampang-gampang susah mas”. maksudnya Pak? “ya jika kita sekedar buat rotan mah gampang tapi karena kita juga harus mementingkan keinginan pembeli serta bentuk dan harga kita harus berusaha dengan bahan minimal tapi hasil maksimal”. selain itu ada beberapa faktor yang membuat harga rotan asli Taliwang ini mahal, antara lain adalah, ternyata Sumber Daya Alam khususnya Rotan melimpah di KSB tapi bahan mentah itu dikirim ke luar untuk di jadikan bahan setengah jadi baru dikirim lagi ke KSB sehingga harga jual barang menjadi mahal. beliau berharap adanya perhatian pemerintah KSB untuk pengelolaan bahan mentah menjadi rotan setengah jadi ada di taliwang sehingga rotan asli Taliwang bisa bersaing harga dengan Rotan-Rotan luar. Dengan begitu karyawan yang bekerja dengan beliau tidak menuntut upah tinggi. serta diharapkan oleh Bapak Alam yaitu adanya pelatihan yang diadakan oleh Dinas terkait tentang pembuatan rotan. tapi jangan seperti kemaren yang pelatihnya diundang ke KSB, loh kenapa Pak? ya sama pelatih itu kita cuma diajari tidak sampai beberapa persen tentang cara pembuatan rotan tapi jika kita yang kesana untuk melihat cara kerja mereka tentunya hasil yang didapat lebih besarkan.

Keinginan Bapak Alam untuk maju sangat besar karena ketika beliau ditanya tentang harapan kedepan, beliau ingin Usaha Rotan Asli Taliwang ini tidak hanya dikenal di NTB tapi juga oleh Dunia. Usaha yang dirintis sejak 2009 ini baru disekitar KSB dan Sumbawa saja kedepan insya allah. sasaran penjualan sendiri antara lain adalah Pegawai Negri Sipil (PNS)di KSB dan Pekerja dengan gaji yang Menengah Keatas. Sekarang orang-orang banyak yang ingin kembali ke konsep Back to Nature, makanya Bisnis Rotan ini sangat menjanjikan kedepannya. Harga Per set yang ditawarkan saat inni oleh Pak Alam adalah : Untuk Tabola itu kisaran Harganya 150.000 sedangkan untuk kursi kisaran 2 – 4 juta rupiah. selain 2 item diatas ada 10 item laennya yang ditawarkan oleh Pak Alam.

Bisnis Rotan yang awalnya dijalankan sendiri oleh Pak Ali sejak tahun 1979 di Taliwang ini ternyata ada beberapa orang yang mengikuti beliau hingga sampai berjumlah 5 orang yang ikut berusaha Rotan tetapi tidak ada yang kuat menghadapi tekanan dalam perjalanan usahanya. Dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit mereka menutup usaha Rotannya masing-masing, hanya Bapak Ali saja yang sejak awal memang berkomitmen dengan Bisnis Rotan ini kembali berusaha sendiri sampai suatu ketika pada tahun 2009 ketika Pak Alam Sudraman kembali membuka asa tentang Rotan asli Taliwang. (J.Andy.Mangkulla)

tertarik dengan Konsep Back To Nature. Anda bisa menghubungi beliau melalui nomor telepon Beliau. ( 087863716278)

Komentar
  1. agus santana mengatakan:

    god job men….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s