Accute Flacyd Paralisis (AFP)

Posted: April 25, 2012 in Kesehatan
Tag:

Accute Flacyd Paralisis atau disingkat AFP adalah penyakit yang menyerang Balita dari Umur 1 sampai 15 tahun. gejalanya antara lain lumpuh payu mendadak sehingga tidak dapat bergerak sebagai mana mestinya. Penyakit ini menyerang karena, bagi anak umur dibawah 15 tahun tidak di imunisasi Polio ketika masih bayi.

Karena ketidaktahuan orang tua yang menolak untuk mengimunisasi anaknya sehingga menyebabkan anak terkena AFP ini. Puskesmas Taliwang mulai melaksanakan program penjaringan sejak 2 tahun terakhir. untuk tahun ini dipilih 7 Desa yang mewakili keseluruhan wilayah Kecamatan Taliwang.

tujuan diadakannya program Penjaringan AFP ini adalah untuk mencari balita dari 1 sampai dibawah 15 tahun yang menderita lumpuh mendadak ini, dipimpin oleh Husnul Khotimah sebagai koordinator Surveylance Puskesmas Taliwang. Adapun Desa-desa yang termasuk dalam penjaringan AFP adalah Desa yang memiliki riwayat atau Desa tersebut tidak mencapai target vaksin polio dalam 2 tahun terakhir.

Penyakit AFP sendiri memang masih langka untuk di Sumbawa Barat karena itulah langkah-langkah penyuluhan tentang pentingnya Imunisasi telah diambil oleh tim Promkes Kabupaten dan tim Promkes Taliwang sehingga penyakit yang awalnya tidak ada ini akan tetap menjadi nihil kedepannya. Penyuluhan ini diharapkan bisa menimbulkan niat kepada para Orang tua yang enggan anaknya di imunisasi menjadi mau untuk di imunisasi karena imunisasi sendiri penting untuk kekebalan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit salah satunya AFP. (J. Andy. Mangkulla)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s