Penanganan Dini Penyakit Ispa dan Diare

Posted: April 17, 2012 in Kesehatan, Pendidikan
Tag:

Perubahan Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan penderita meningkat, oleh sebab itu Pemegang Program Ispa dan Diare Napidatul Ilmiah membuat suatu perubahan dalam hal penanganan dini untuk menghindari KLB ( Kasus Luar Biasa )Diare. Bekerja sama dengan Kader Desa Ilmi sapa akrabnya mengatakan dengan keadaan dimana Bidan Desa tidak selalu bisa ditempat setiap saat maka saya mengajak Kader Desa untuk membantu Bidan dalam hal pemberian Oralit kepada Masyarakat Desa setempat setelah dilihat dari tanda-tanda bahwa Pasien memang menderita Diare.

Sebelum memberi Oralit tentunya Kader telah diberi pemahaman dan penjelasan serta Pencatatan tentang tanda-tanda orang menderita diare, tanda-tanda Diare antara lain: BAB lebih dari 5 kali, Encer seperti air, jika mencapai tahap kronik bisa dengan bercampur darah, dengan adanya pemahaman dari Kader tentunya tidak susah untuk menentukan Masyarakat di Desa mana yang menderita Diare dan Bukan Penderita.

Tentunya dari Puskesmas sendiri akan memberikan pengganti uang transport bagi Kader yang memegang oralit tersebut dalam hal ini telah dibicarakan dan diputuskan oleh pihak Puskesmas dan Tim Verikator penggunaan Dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan). Diharapkan dengan hal ini penyakit Diare bisa dicegah sebelum bertambah parah.

Setiap Akhir Bulan Kader mengirimkan Via Sms atau Menitipkan ke Bidan Desa laporan berapa orang yang diberikan Oralit dan menderita di Desa tersebut untuk dirangkum dan dilaporkan ke Dina Kesehatan Kabupaten oleh Mbak Ilmi sebagai Pemegang Program Ispa dan Diare. (J. Andy. M)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s