Pemkab KSB Segera Selesaikan Proyek Bandara Sekongkang

Posted: November 30, 2011 in Uncategorized

Taliwang : Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berniat menyelesaikan pembangunan Bandar Udara di Kecamatan Sekongkang pada tahun 2012. Untuk itu, Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli telah membentuk tim dengan tujuan mempercepat penyelesain Bandara Sekongkang berikut Pelabuhan Labuan Lalar.

“Upaya mempercepat  penyelesaian Bandara Sekongkang setelah mendengar keluhan para wisatawan tentang lambatnya perjalanan menuju obyek wisata di kecamatan paling selatan Sumbawa Barat ini,” ungkap Kepala Dinas ESDM dan Kebudayaan Pariwsata Sumbawa Barat Hajamuddin.

Selain itu, Hajamuddin mengatakan, sebelumnya Hotel Tropical yang menjadi lokasi Bandara Sekongkang telah mengantongi ijin beberapa tahun ke belakang. Hingga, ijin tersebut tinggal diperbaharui serta komitmen  pihak Hotel Tropical untuk memperpanjang landasan pacu dari 800 meter menjadi 1.200 meter.

“Pesawat komersial bisa mendarat di Bandara Sekongkang sejalan dengan upaya pemerintah Sumbawa Barat menjajaki sejumlah maskapai di Indonesia untuk mau mendarat di Bandara Sekongkang,” kata Hajamuddin.

Sementara itu, mengenai Pelabuhan Lalar dijelaskan, pelabuhan barang itu kini telah memasuki penyelesaian akhir. Pelabuhan ini nantinya ikut ditujukan  bagi seluruh wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumbawa Barat  dengan mempergunakan model transportasi laut.

Hajamuddin menambahkan, untuk obyek wisata unggulan yang diharapkan mulai dipromosikan pada tahun depan adalah Kawasan Pantai Jelenga, Maluk, dan Sekongkang. “Posisi ketiganya saat ini, sudah mendunia dan telah mendapat pengakuan para marketing pariwisata  internasional, tuturnya.

Sedangkan Sekertaris BPPD NTB Halus Mandala menambahkan, ketiga kawasan yang diunggulkan oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Sumbawa Barat sedikitnya harus mengantungi enam sarat agar bisa bersaing di bidang pariwisata. Yaitu, memiliki ciri khas, kawawan tersebut harus hidup, memiliki fasilitas penunjang, dukungan dari masyarakat sekitar, dan tersedianya tempat kuliner, serta harga pelayanan yang bersaing dengan tempat lain. (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s