Memutus Mata Rantai HIV/AIDS Melalui Duta

Posted: September 10, 2011 in Kesehatan

KM Menala : Kegiatan untuk memutus mata rantai penularan HIV/AIDS di Kabupaten Sumbawa Barat  diharapkan mulai dilakukan secara masif pada tahun ini, ditambah telah dilaksanakannya pemilihan Duta AIDS Sumbawa Barat, Mei lalu.

Seperti diketahui bersama, virus HIV/AIDS bisa menular melalui hubungan seks, Narkoba melalui jarum suntik, transfusi darah, dan proses melahirkan.

Untuk itu, Pemkab Sumbawa Barat mulai tahun 2012 mendatang, akan mengembangkan satu sekolah model, baik SMP maupun SMA sebagai Sekolah Bebas Narkoba. Latar belakang kegiatan ini kuat dipengaruhi oleh anggapan bahwa sebagian besar pengguna narkoba adalah kalangan   usia muda, dan untuk bisa masuk pada dunia tersebut, perlu dilakukan sosialisasi yang fokus pada HIV/AIDS .

Adapun cara lainnya adalah melalui   tes urine pada setiap siswa sekolah. Dengan demikian apabila  dalam satu tahun tidak ditemukan kasus, maka sekolah tersebut menjadi akan percontohan untuk sekolah lain di KSB. Selanjutnya,  berdasarkan data, sekolah mana yang dinyatakan bebas dari narkoba akan diberikan gelar sebagai sekolah model.

Kepala Sub Bagian Administrasi Pemberdayaan dan Kesehatan Sekertariat Daerah Sumbawa Barat Akhiruddin Juliadi, seperti dikutip situs resmi Humas dan PDE KSB, belum lama ini, memberikan apresiasinya kepada peserta yang ingin menjadi duta AIDS di kabupaten bermoto Pariri Lema Bariri ini. (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s