DINAS PETERNAKAN KSB HIMBAU PETERNAK WASPADAI KEMATIAN

Posted: Juni 27, 2011 in Kesehatan

KM Menala : Dinas peternakan Sumbawa Barat mengimbau seluruh peternak  agar mewasapadai kematian hewan . Hal ini terkait musim kemarau panjang yang diprediksi puncaknya pada Juli dan Agustus depan.
Kepala bidang peternakan dinas peternakan Supiarno mengatakan, akan terus memantau dan mengevaluasi kondisi di lapangan. Upaya tersebut juga masuk dalam kegiatan pembinaan.

“Saat memasuki kemarau, peternak  akan kesulitan mendapat pakan. Kemudian terjadi penurunan berat badan ternak, hingga pertumbuhannya terlambat,” kata Supiarno.

Supiarno menyatakan, tempat-tempat rawan ternak bisa terjadi di desa  susah air bersih. Penilaian ini berdasarkan kondisi tahun lalu.

“Kembali untuk menekan angka kematian, dinas mengimbau peternak untuk memanfaatkan jerami sebagai pakan ternak,” ungkapnya. “Di samping itu, meningkatkan pemahaman mengenai vaksin penyakit ngorok, dan jamur,” jelasnya.
Supiarno menambahkan,angka kematian ternak per tahun di Sumbawa Barat berkisar dua persen. Tahun 2011, jumlah populasi ternak sapi sudah menembus angka  41 ribu ekor lebih.// Untuk kerbau sebanyak 16 ribu ekor, kuda delapan ribu, dan ternak kecil 37 ribu ekor.(AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s