BI MATARAM KEMBANGKAN KLASTER SAPI BALI KSB

Posted: Juni 27, 2011 in Bisnis & Investasi

KM Menala : Bank Indonesia Mataram bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Sumbawa Barat untuk mengembangkan klaster sapi bali. Adapun kelompok ternak yang akan disasar adalah kelompok tani Senap Semu Kecamatan Poto Tano. Bank Indonesia Mataram menginginkan peningkatan sumber daya manusia pada kelompok tani. Yaitu, dengan melakukan pemberdayaan kelompok.

Kepala bidang Peternakan dinas peternakan Sumbawa Barat Supiarno menyatakan,  Bank Indonesia bersama Pemkab akan meneken nota kesepahaman dalam waktu dekat.”Kemarin, Bank Indonesia dengan Pemkab   sudah melakukan pertemuan di Taliwang,” jelasnya.

Supiarno menjelaskan, bantuan diberikan berdasarkan hasil survey dari Universitas Mataram terhadap kelompok ternak di KSB. Untuk KSB kelompok ternak yang disurvey adalah kelompok tani di Kecamatan Pototano, Seteluk, dan Kecamatan Jereweh.

Sementara, mengenai pendanaan, Supiarno menjelaskan, jika dari seratus persen anggaran yang disetujui, 75 persennya akan ditanggung Bank Indonesia, dan 25 persennya dikeluarkan Pemkab.

Adapun yang dimaksud dengan kluster sapi sendiri adalah pengelompokan atau pilot project agar kedepannya tumbuh kelompok-kelompok baru. Hasilnya, tidak menjual sapi secara hidup, seperti diketahui, hal ini tidak membutuhkan tenaga kerja banyak. Beda halnya dengan menjual dalam bentuk daging, abon, dendeng, kerumpuk kulit, dan biogas, serta tepung tulang. Praktek ini juga akan meningkatkan harga jual sapi, karena melalui bebeapa proses dan berbagai produk. Pelatihan untuk menuju hal tersebut  sudah dilakukan Bank Indonesia  pada   tahun 2010 pada kelompok Senap Semu (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s