LISTRIK TENAGA SURYA UNTUNGKAN INDUSTRI

Posted: Mei 6, 2011 in Bisnis & Investasi

KM Menala : Pemanfaatan listrik tenaga surya atau matahari bisa diperuntukan bagi industri. Industri yang bergantung kepada pemanfaatan listrik tenaga surya dapat meningkatkan produktifitas dengan modal lebih hemat. Penggunaan listrik dari pembangkit tenaga surya lebih murah dibandingkan listrik yang dikelola PLN saat ini. Pemanfaatan listrik tenaga surya memang berbeda dengan pemanfaatan listrik melalui  tenaga disel.

“PLTD kedepannya diramalkan  yang lebih kepada pemanfaatan konsumtif,” demikian dikatakan Kepala Badan perencanaan pembangunan daerah Sumbawa Barat Amry Rakhman.

Amry mengatakan, kebijakan menegani energi menjadi perhatian Bappeda. Melihat kondisi saat ini, memang diperlukan adanya tambahan energi. Dengan demikian, apabila berbicara mengenai energi terbaharukan sudah di luar pemanfaatan bahan bakar fosil. Seperti solar untuk tenga disel dan batu bara untuk tenaga uap. Pencipataan energi listrik melaui sinar matahari dan air menjadi perioritas.

Di KSB Amry mengatakan, potensi listrik tenaga surya ada di Desa Kertasari. Desa di bagian timur Sumbawa Barat sekitar 20 kilometer dari Kecamatan Taliwang . Lazimnya praktek pemanfaatan listrik tenaga suyra di Indonesia, Desa Kertasari berbatasan dengan laut.

Sementara untuk pembangkit listrik tenaga air. Pemerintah KSB sudah menyiapkan ketersediaan air di bendungan Bintang Bano. Sebuah mega proyek yang menelan ratusan miliar, dan ditargetkan  selesai dikerjakan empat tahun kedepan. (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s