LEMBAGA SOSIAL DESA DI KSB HARUS BERFUNGSI MAKSIMAL

Posted: Mei 6, 2011 in Kecamatan

KM Menala : Kepala Badan Pembangunan Masyarakat Desa Sumbwa Barat Syamsul Kamil mengingatkan, lembaga sosial desa yang sudah berdiri agar berfungsi maksimal. Upaya tersebut sebagai informasi bagi pemerintah kabupaten atas kebutuhan desa atau keinginan masyarakat desa. Selanjutnya, pemerintah akan mengkaji keinginan maupun kebutuhan itu.

“Hingga cita-cita pemberdayaan masyarakat desa   bisa terwujud, kata Syamsul Kamil,”.

Kepala BPMD Sumbawa Barat Syamsul Kamil menyebutkan, urbanisasi terjadi karena rendahnya pusat perekonomian di desa. Ia menyebutkan,  ada beberapa alasan  mengapa urbanisasi terus terjadi. Seperti lebih banyak jumlah desa ketimbang kota di setiap daerah.

Untuk itu,  upaya yang harus dilakukan pemerintah antara lain,  memperbanyak pembangunan di desa. “‘Lembaga sosial dan pemerintah desa bisa berperan aktif  dalam upaya ini, tegasnya, di Desa Bre, Kecamatan Brang Rea, kemarin.

Syamsul juga mengungkapkan,  tentunya diperlukan komitmen masyarakat dalam sebuah pembangunan. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat  sendiri setiap tahunnya  mengucurkan dana bagi pemberdayaan desa mencapai 100 juta.

Sedikit lebih banyak ketimbang dana pembedayaan di kabupaten lainnya  di Nusa Tenggara Barat. Dana ini jelas harus dimanfaatkan secara hemat dan akuntabel. (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s