Sungai Brang Rea Meluap

Posted: Mei 4, 2011 in Kecamatan

KM Menala : Sungai Brang Rea di Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa sore, meluap. Luapan sungai terbesar di Sumbawa Barat ini sempat menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Brang Rea

Adapun desa yang tergenang adalah Desa Bangkat Monte, Moteng, dan Kelurahan Sampir, Taliwang. Selain rumah penduduk, banjir juga menggenangi sawah milik petani desa setempat.

Namun, sampai dengan Selasa malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumbawa Barat menyebutkan, tidak ada korban jiwa. Selain itu, belum ditemukan adanya rumah rusak parah.

Kepala BPBD Sumbawa Barat Thalib Abdullah mengatakan, curah hujan yang tinggi di hulu Sungai Brang Rea  menyebabkan air sungai meluap. Hujan terjadi sejak pagi hari hingga sore hari.

Thalib menyebutkan, sore, hujan di hulu Sungai Brang Rea sempat mereda. Hingga dapat dipastikan volume luapan sungai akan menurun.

Kendati demikian, ancaman banjir justru datang dari Sungai Brang Ene. Apabila, sungai ini ikut meluap, banjir dipastikan terjadi sampai ke ibukota kabupaten. Ancaman banjir bagi Taliwang juga datang dari Rob atau gelombang pasang. Jika rob terjadi akan memperparah banjir.

Thalib menambahkan, belum ada evakuasi terhadap warga. Namun, Selasa malam,BPBD menetapkan status awas banjir. (AS/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s