GEDUNG PEMERINTAHAN DI TALIWANG TIDAK DILENGKAPI DENGAN ALAT PEMADAM API

Posted: April 29, 2011 in Uncategorized

KM Menala : Kompleks pemerintahan di Kabupaten Sumbawa Barat  di Kecamatan Taliwang sampai dengan saat ini tidak satu pun dilengkapi dengan alat pemadam api. Padahal, arus pendek atau konsleting bisa saja terjadi dan memicu terjadinya kebakaran. Gedung Sekertariat daerah Sumbawa Barat di komplek Kemuter Telu Center pun tidak luput dari kelalaian. Belum diketahui mengapa arsitek bangunan berlantai tiga ini ini tidak memasang peralatan penting tersebut.

Namun, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Thalib Abdullah mengatakan, tahun 2012 alat pemadam api ditargetkan  sudah tersedia.

Di gedung Sekertariat daerah, mengenai antisipasi kebakaran,petunjuk arah jalan keluar sebagai tempat evakuasi  tidak tertempel di dinding.Peralatan seperti  pemadam api ringan, alarm kebakaran, dan hidran juga tidak tersedia  .

Kepala BPBD Thalib Abdullah mengakui, hidran halaman pun tidak tersedia di komplek kantor bupati  Kemuter Telu Center.

Kebakaran memang tidak dapat diprediksi. Namun, pencegahan adalah hal penting di tengah struktur bangunan di daerah. Alat pencegah kebakaran gedung harus tersedia secara masif atau menyeluruh. Apabila melihat upaya di kota besar di Indonesia. Untuk gedung hotel misalnya, sistem pemancar air yang bekerja otomatis sudah tersedia. Siistem pengendali asap pun tidak boleh ketinggalan. Yakni, Sistem alami atau mekanis yang berfungsi mengeluarkan asap. Terakhir adalah tempat evakuasi penghuni gedung jika kabakaran terjadi. (ags/*)

Komentar
  1. mr. brandweer mengatakan:

    waspada, sedia payung sebelum hujan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s