RENCANA RTRW KSB TERUS DISUSUN

Posted: April 26, 2011 in Bisnis & Investasi

KM Menala : Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sumbawa Barat terus disusun. Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda)  Sumbawa Barat menunjuk salah satu perusahaan di  bidang  arsitek dan konsultan untuk mengerjakan fungsi wilayah ini. Tujuan dari RTRW sendiri adalah penataan ruang pertanian, pariwisata, serta infrastruktur. Hingga dalam penyusunannya dilakukan bersama seluruh satuan kerja perangkat daerah.

Kepala Bappeda Sumbawa Barat Amry Rakhman mengatakan, seluruh dinas, badan, dan kantor diperbolehkan memberi masukan waktu penyusunan RTRW.

“Mengingat, RTRW sendiri, merupakan penysunan makro atau jangka panjang,” ungkapnya.

Dari Rencana Tata Ruang Wilayah, pemkab Sumbawa Barat merencanakan sistem perkotaan ada di wilayah Kota Taliwang. Terdapat juga rencana pengembangan jaringan transportasi,  pengembangan energi, serta jaringan telekomunikasi. Diikuti, pengembangan sumber daya air, kabupaten berusia enam tahun ini merencanakan kawasan perlindunghan alam, dan budidaya.

Amry Rakhman menyebutkan, setelah penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah  selesai dikerjakan. Selanjutnya, disusul oleh rencana detil tata ruang kecamatan. Mencakup seluruh kecamatan. Rencana tata ruang ini menyangkut fungsi dari kecamatan itu sendiri. Seperti, penetepan lokasi tanam padi dan jagung, kemudaian pemanfaatannya,  untuk mengarah kepada investasi atau action plan.

Amry menambahkan, pemerintah menargetkan RTRW selesai pada tahun ini. Dituangkan dalam Rancangan peraturan daerah, selanjutnya disahkan oleh DPRD Sumbawa Barat. (AG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s